Mengakses internet merupakan salah satu kebutuhan penting di zaman sekarang, karena internet memberikan berbagai kemudahan untuk memperoleh informasi. Untuk akses internet, anda perlu memiliki perangkat komputer atau ponsel.

Apabila anda akses internet dengan memakai pc dan anda menemukan koneksi internet yang buru, maka anda bisa mengatasinya dengan berbagai cara.

Cara Mempercepat Koneksi Internet PC

1. Reset Network & Flushing DNS

Flush DNS biasanya dipakai untuk melakukan reset cache DNS client di komputer yang sedang anda pakai. Proses reset biasanya dilakukan untuk menyesuaikan informasi dari berbagai perubahan DNS dengan memakai data baru, name server dan domain. Reset juga bisa membantu anda dalam mengatasi masalah koneksi internet yang lambat.

Cara reset network & flushing DNS:

– Silahkan anda buka Command Prompt dengan cara ketikan CMD di pencarian windows atau anda bisa klik kanan, kemudian klik run as administrator.

– Anda ketikan ipconfig/flushdns dan pada keyboard langsung klik enter.

– Apabila telah klik enter, lalu anda ketikan ipconfig/renew dan klik enter.

– Proses mempercepat koneksi internet berhasil dilakukan, maka tutuplah Command Prompt dan silahkan anda coba akses internetnya.

2. Tentukan Lokasi Sinyal Wifi yang Kuat

Untuk punya akses internet yang stabil dan kuat, maka anda harus memastikan komputer mendapatkan sinyal yang optimal. Tempat menyimpan wifi menjadi hal yang penting untuk diperhatikan, karena berpengaruh terhadap kekuatan sinyal.

Anda harus memperhatikan berbagai hal untuk punya sinyal wifi yang berkualitas:

– Pastikan anda tidak menyimpan atau meletakkan router di sebuah lokasi yang terhalang oleh besi atau sebuah tembok.

– Anda dapat memakai repeater untuk menangkap sinyal wifi secara optimal dan repeater sangat cocok dipakai di daerah yang minim akan sinyal. Repeater bisa menangkap dan memancarkan sinyal dengan sangat cepat.

– Anda harus menjauhkan berbagai peralatan yang memakai teknologi microwave atau bluetooth, baik dari komputer atau router. Adanya sinyal dari peralatan tersebut, tentu akan mengganggu sistem kerja sinyal wifi.

3. Ubah Setelan QoS

Sistem operasi windows 8 ke atas biasanya telah memiliki pengaturan default mengenai alokasi 20% bandwidth untuk keperluan update windows dan 80% bandwidth untuk mempercepat koneksi internet. Dengan mengatur lebar pita, maka anda bisa mempercepat koneksi internet.

Pengubahan setelah QoS bisa dilakukan dengan beberapa langkah:

– Silahkan buka komputer atau laptop anda. Klik start, lalu anda pilih run dan silahkan ketikan gpedit.msc.

– Anda tinggal melakukan klik Local Computer Policy, lalu klik Computer Configuration dan pilih Administrative Templates.

– Lalu klik network dan pilihlah QoS Packet Scheduler.

– Setelah itu, anda tinggal klik 2 kali atau double click di bagian Limit Reservable Bandwidth.

– Anda langsung klik menu enable dan silahkan isikan nilai dengan angka 0 atau nol pada bagian bandwidth limit.

– Lalu anda tinggal klik apply dan anda tinggal restart komputer, lalu koneksi internet akan lebih cepat saat akses.

4. Ubah Setelan IRPStackSize

Untuk meningkatkan koneksi internet menjadi lebih baik, maka bisa dilakukan dengan mengubah setelan atau pengaturan IRPStackSize menjadi lebih tinggi. Nilai default dari IRPStackSize adalah 15, namun anda bisa meningkatkannya menjadi 50 untuk hasilkan kinerja internet yang lebih optimal.

Langkah Peningkatan IRPStackSize bisa dilakukan dengan berbagai cara:

– Apabila komputer sudah terbuka, silahkan anda klik start dan pilih run, kemudianj anda ketik regedit untuk membuka tampilan registry editor.

– Lalu anda tinggal klik menu HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Services\LanmanServer\Parameters.

– Setelah folder parameter terbuka, maka anda klik kanan pada bagian file DWORD yang bernama IRPStackSize dan silahkan klik modify, lalu tingkatkan nilai menjadi 50.

– Apabila file tidak kunjung ditemukan, maka anda bisa membuat file DWORD baru dengan cara klik kanan pada mouse dan pilih new, kemudian pilih DWORD value. Lalu anda tinggal buat dengan nama IRPStackSize dan valuenya anda tentukan 50.

– Selanjutnya, anda tinggal klik ok dan tutup tampilan registry editor. Lalu restart komputer atau pc dan anda bisa langsung rasakan koneksi internet yang lebih baik.

5. Pemilihan Kanal yang Tepat

Lambatnya koneksi wifi bisa terjadi akibat salah memilih kanal, sehingga pemilihan kanal yang tepat menjadi cara yang efektif untuk stabilkan koneksi internet.

Apabila dalam suatu kanal muncul berbagai macam sinyal yang berjalan, maka sinyal yang ada akan saling tumpang tindih dan bisa saling mengganggu satu sama lain.

Apabila dibiarkan akan mengakibatkan sinyal harus di rebroadcast dan akan terjadi data loss, sehingga kecepatan internet akan semakin lambat. Memilih kanal dengan penggunaan yang rendah menjadi cara untuk meningkatkan koneksi internet di komputer atau laptop anda.

6. Pakai Perangkat Lunak Untuk Analisa Wifi

Untuk menganalisa koneksi internet bisa dilakukan dengan memakai bantuan software WiFi Analyzer yang bisa di download secara gratis seperti free inSSIDer utility. Software akan membantu anda mengetahui penggunaan wifi yang paling banyak.

Apabila anda sudah menemukan kanal yang tepat, maka anda bisa langsung mengatur kanal di bagian pengaturan router yang anda pakai.

7. Posisi Antena Router

Posisi antena router juga sangat berpengaruh terhadap kecepatan internet, sehingga anda harus memposisikan router dengan tepat. Router harus dalam posisi yang berdiri, agar bisa memancarkan sinyal internet dengan baik ke berbagai perangkat yang anda pakai.

Hindari meletakan router di tempat yang terlalu tertutup seperti adanya tembok yang tebal atau berbagai tempat tertutup lainnya.

8. Cek Kecepatan Internet

Ketika koneksi internet wifi anda sangat lambat atau lemot, tentu anda harus mengetahui segera permasalahannya. Silahkan anda cek kecepatan internet wifinya.

Apabila anda mendapati koneksi internet yang sangat lambat, namun tidak menemukan masalahnya di router dan yang lainnya, maka anda harus langsung menghubungi pihak penyedia layanan internetnya.

9. Cek Kekuatan Sinyal Wifi

Tidak hanya soal kecepatan internet, anda juga harus memperhatikan atau memeriksa seberapa kuat sinyal yang dipancarkan oleh router wifi anda.

Kekuatan sinyal wifi bisa di cek dengan memakai aplikasi khusus seperti Cloudcheck, Wireshark, NetSpot, Amped dan aplikasi yang lainnya.

Anda harus memastikan bahwa sinya wifi berada di kisaran -60 decibel-milliwatts (dBm) sampai lebih -50 dBm atau bisa diatasnya. Apabila sinyalnya berada di bawah -70 dBm, maka sinyal yang terpancar akan sangat lemah dan koneksi internet anda akan sangat buruk.

10. Pemilihan Router

Apabila semua cara di atas belum efektif untuk mempercepat koneksi internet, kemungkinan akar masalahnya berada pada routernya. Apabila router anda sudah terlalu lama, maka performanya akan menurun dan akan mudah mengalami kerusakan.

Pastikan anda menggunakan router yang berkualitas bagus, sehingga anda bisa mendapatkan akses internet yang cepat. Meskipun router berkualitas harganya lebih mahal, namun kinerjanya akan sangat optimal.

Sekian ulasan lengkap mengenai Cara Mempercepat Koneksi Internet Pc dan semoga semua bahasannya bermanfaat untuk para pembaca.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *